Dimsum beku merupakan salah satu jenis makanan oriental yang tidak praktis untuk diolah, namun juga sangat populer dengan kelezatannya. Dimsum beku umumnya berukuran kecil sehingga sangat cocok dijadikan kudapan karena tidak terlalu mengenyangkan. Makanan oriental ini memang cukup mudah ditemukan, apalagi saat ini ada banyak restoran hingga gerai kali lima yang menyajikan dimsum. Perlu diketahui, dimsum beku memang cukup mudah diolah menjadi sajian yang lezat, namun untuk mengolah dimsum beku yang jauh lebih lezat dan enak, maka Anda patut memperhatikan beberapa tips dibawah ini:

Memperhatikan Jenisnya

Pada dasarnya, dimsum beku hadir dengan varian yang sangat beragam, mulai dari dimsum kukus siomay, bakpao hingga hakau dan masih banyak lainnya. Khusus untuk siomay, biasanya ada yang dibuat dari ayam serta seafood seperti udang. Untuk dimsum goreng, tentunya wonton dan siomay menjadi sajian paling favorit. Selain itu, Anda juga harus memastikan memilih dimsum beku dari produsen yang terpercaya dan sudah memiliki sertifikat halal dari lembaga terkait, seperti MUI. Hal ini sangat penting diperhatikan agar Anda bisa terhindar dari beberapa risiko yang mungkin saja terjadi. Tidak hanya itu, pembelian dimsum beku kemasan lebih disarankan dibandingkan membeli dimsum curah, sebab dimsum dalam kemasan biasanya memiliki informasi mengenai tanggal kadaluarsa.

Artike kami lain nya :

Perhatikan cara mengukus Dimsum

Dimsum beku tentunya bisa dikukus dengan menggunakan panci kukus, rice cooker maupun klakat bumbu. Untuk mengukur dimsum memang sangatlah mudah, sebab dengan hanya meletakkan dimsum ke dalam piring yang tahan panas, lalu meletakkannya ke dalam panci. Maka tidak sampai 5 menit, dimsum kukus Anda sudah bisa disajikan. Perlu diingat, saat Anda mengukur dimsum sebaiknya hindari terlalu lama mengukusnya karena akan membuat dimsum menjadi kering. Oleh karena itu, untuk memastikan rasa dimsum tetap lezat, sebaiknya Anda mengukus dimsum sesuai jumlah yang diinginkan ataupun dibutuhkan. Hal ini sangat penting diperhatikan, pasalnya dimsum beku yang dibiarkan terlalu lama di suhu ruang akan membuat kadar juicynya menjadi berkurang.

Menggoreng Dimsum

Apabila Anda ingin mengolah dimsum beku dengan cara digoreng, maka Anda bisa menggunakan minyak panas dengan api yang sedang. Anda bisa menggoreng dimsum hingga warnanya kekuningan lalu angkat dan tiriskan. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda menggoreng dimsum secukupnya agar kadar renyah dimsum goreng tetap terjaga. Selain itu, pastikan Anda tidak menggoreng dimsum dengan jumlah yang banyak dalam sekali goreng. Sebab akan membuat dimsum tidak matang secara sempurna, dan nantinya juga akan ada dimsum goreng yang bagus ataupun lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda memperhatikan proses penggorengan dimsum dingin agar rasa dan teksturnya tetap terjaga.

Menyajikan Dimsum

Pada dasarnya, jika Anda mengolah dimsum beku dengan cara dikukus ataupun digoreng pasti akan selalu disajikan dengan bumbu pelengkap. Mulai dari saus cabai, soy sauce hingga mayonnaise sebagai pilihannya. Tidak hanya itu saja, ada juga sebagian orang yang membuat bumbu pelengkap dimsum dari saus kecap asin dengan irisan cabai rawit. Pemilihan bumbu pelengkap ini umumnya disesuaikan dengan selera pihak yang mengonsumsi sajian dimsum.

Menyimpan Stok Dimsum Dengan Baik

Apabila Anda membeli dimsum dalam jumlah banyak, dan tidak habis dikonsumsi dalam sehari. Maka Anda tidak perlu khawatir karena dimsum beku ini tetap bisa disimpan di dalam kulkas atau cooler box. Dengan menyimpan stok dimsum dengan baik, maka kualitas di sumsum tersebut tetap terjaga dan tidak berubah. Namun sebaliknya jika Anda menaruh dimsum beku di suhu ruang yang terlalu lama, tentunya membuat kualitas dimsum beku menjadi menurun. Hal ini dikarenakan dimsum yang berada di suhu ruang akan menjadi tempat perkembang biakkan bakteri sehingga mmebuat dimsum lebih mudah basi.

Tidak hanya itu saja, dimsum yang disimpan di suhu ruang juga akan membuat teksturnya menjadi lembek serta rasanya akan berubah. Oleh karena itu, menyimpan dimsum didalam lemari pendingin tentunya menjadi alternatif terbaik. Dengan begitu, kualitas dimsum beku akan tetap terjaga dan teksturnya juga tidak akan berubah.

 

Beberapa Paket Catering Kami yg ada :

Call Now
WhatsApp